Bisakah Manchester United Menjadi Juara Premier League 2017/2018?

Bisakah Manchester United Menjadi Juara Premier League 2017/2018?

Pasaran Bola – The Red Devils tampil lumayan di Premier League 2017/2018. Hingga pekan ke 20 mereka telah mengoleksi angkah sebanyak 42 poin dari hasil 13 kali menang, 3 kali draw dan 3 kali kalah. Team asuhan Jose Mourinho ini hanya menduduki posisi ke dua. Sebenarnya dengan menduduki posisi ke dua, peluang Manchester United menjadi juara masih terbuka.

Akan tetapi setelah melihat selisah poin yang besar dengan Manchester City di puncak klasemen, banyak pihak meragukan Manchester United akan menjuarai Premier League 2017/2018. Saat ini Manchester City menduduki puncak klasemen dengan perolehan angkah 55 point, unggul 13 poin dari Manchester United di posisi ke dua.

Meskipun demikian, tidak ada yang mustahil di sepakbola. Masih ada peluang bagi The Red Devils untuk menyalip Manchester City dan keluar sebagai juara Premier League 2017/2018. Setidaknya ada 5 alasan mengapa Manchester United masih bisa menjadi Juara. Apa sajakah itu?

1. Fokus Manchester City terganggu dengan Liga Champions.

Baik Manchester City maupun Manchester United mamang masih sama-sama bertanding di Liga Champions. Namun, Manchester United dinyakini lebih bisa membagi fokus ketimbang The Citizens. Hal itu kembali ke tradisi. Sepanjang sejarah berdirinya klub, Manchester City belum pernah menjadi juara Liga Champions. Hal itu akan membuat fokus mereka terpecah, antara ingin memenangi trofi Premier League atau Liga Champion.

Ketika melaju jauh hingga semifinal Liga Champion 2015/2016, prestasi Manchester City tidak cukup baik diajang Premier League, mereka hanya finish diposisi ke empat dengan perolehan 66 poin. Karena itu, jika Manchester City melaju jauh di Liga Champions musim ini, bukan tidak mungkin prestasi mereka di Premier League akan menurun.

Sementara itu Manchester United memiliki pengalaman dengan menjuarai Liga Champions dan Premier League secara bersamaan.

2. Team Lain memiliki masalah.

Bisa dikatakan perebutan trofi Premier League 2017/2018 tinggal melibatkan Manchester City dan Manchester United. Sebab team kuat lainnya memiliki masalah yang sama yaitu Inkonsistensi. Chelsea yang tampil superior musim lalu beberapa kali takluk dari team papan tengah dan bawah.

Sementara itu, Liverpool masih memiliki masalah di lini belakangnya. Percuma memiliki daya serang luar biasa, jika lini pertahanan masih rapuh. Untuk Tottenham Hotspur, fokus team asuhan Mauricio Pochettino bisa dibilang sedang terpecah. Mereka ingin melaju jauh di Liga Champions. Terbukti ketika mereka terseok-seok di Premier League, Harry Kane dan kawan-kawan justru mampu mengalahkan Real Madrid di Liga Champions.

3. Manchester United Memiliki Pemain Kelas Dunia

Manchester United saat ini memiliki pemain-pemain dengan kualitas yang mendunia, seperti Paul Pogba, Romelu Lukaku, hingga Zlatan Ibrahimovic. Belum lagi dengan pemain-pemain muda yang bertalenta.

Kombinasi Pogba dan Nemanja Matic dilini sentral, membuat permainan Manchester United sama baiknya dalam hal menyerang dan bertahan. Keberadaan kedua pemain ini membuat Manchester United bisa memainkan dua gaya yang berbeda, penguasaan bola maupun serangan balik. Dua pola permainan tetap bermuara pada Lukaku.

4. Manchester City masih bisa terpeleset.

Manchester City memang menang di 17 pertandingan Premier League, namun hasil di musim lalu menunjukkan bahwa Sergio Aguero dan kawan-kawan bisa terpeleset. Musim lalu Manchester City sempat memenangi enam laga pembukanya, tetapi setelah takluk 0-2 dari Tottenham Hotspurs pada pekan ke tujuh, performa mereka menurun, bahkan dua laga setelahnya Manchester City hanya meraih hasil imbang.

Bukan tidak mungkin jika sekali saja terpeleset, mental skuad Manchester City bisa terganggu layaknya musim lalu, belum lagi adanya ketakutan akan cederanya pemain.

5. Kenangan Indah di Premier League 1995/1996

Kondisi yang dialami Manchester United dimusim ini sama seperti di Premier League 1995/1996. Pada saat itu musim memasuki Januari 1996, Manchester United tertinggal 12 poin dari Newcastle United racikan Kevin Keegen. Namun, pengalaman dan kecakapan Sir Alex Ferguson pelatih Manchester United saat itu dapat membalik semua prediksi.

Diakhir musim Manchester United keluar sebagi juara Premier League dengan koleksi 82 poin, unggul empat poin atas Newcastle United. Mourinho dapat mengambil inspirasi dari kejadian tersebut untuk keluar sebagai pemenang di musim ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *