KECERDASAN SARRI MELIHAT CELA POSISI BARU KANTE

Analis sepak bola, Chris Sutton memuji kejeniusan Maurizio Sarri dalam melihat potensi terbaik N’Golo Kante. Dia percaya Chelsea asuhan Sarri akan semakin menarik dilihat seiring berjalannya waktu.

Sebagaimana diketahui, Chelsea sukses meraih kemenangan 3-0 atas Huddersfield di laga perdana Premier League 2018/19. Salah satu gol Chelsea disumbangkan oleh Kante, hal yang sebenarnya jarang terjadi musim lalu.

Setelah dianalisis, ternyata posisi Kante sedikit berbeda di bawah bimbingan Sarri. Dia yang biasanya dipercaya sebagai gelandang bertahan justru sedikit naik ke depan. Kante terlihat lebih bebas maju memutus serangan lawan sejak daerah bermainnya sendiri.

Perubahan ini terjadi karena Sarri lebih memilih Jorginho sebagai gelandang bertahan. Pemain favorit Sarri itu pun tampil hebat dalam mengontrol pola permainan Chelsea, dia juga membiarkan Kante lebih bebas menjelajah lapangan.

Hal inilah yang membuat Sutton menyukai taktik baru Sarri. Dia menilai Kante bahkan tampil jauh lebih baik di posisi barunya ini.

“Kante memainkan peran yang sedikit berbeda. Jorginho bermain sebagai gelandang bertahan, quarter-back jika anda suka. Kante dibiarkan maju, dia bahkan mencetak gol di akhir pekan lalu,” ujar Sutton di express.

Sutton memuji pemikiran Sarri sebagai pukulan yang jitu. Meski baru sebentar melatih Chelsea, Sarri terbukti bisa melihat potensi terbaik pemainnya dan memaksimalkan itu. Inilah pembuktian awal Sarri sebagai pelatih anyar The Blues.

“Sesungguhnya, saya pikir peran itu cocok dengan dia jika anda ingin memainkan permainan menekan dengan intensitas tinggi, siapa yang lebih baik melakukan itu daripada kante?”

“Saya kira itu adalah pukulan yang jitu. Jorginho menjadi pemuncak statistik mengumpan di lima liga top Eropa musim lalu. Saya pikir dia lebih berkualitas dalam menguasai bola daripada Kante,” pungkasnya.