Marcos Alonso Dianggap Kekuatan Tersembunyi Milik Chelsea

Marcos Alonso Dianggap Kekuatan Tersembunyi Milik Chelsea – Pat Nevin yang merupakan seorang analis dunia sepak bola Internasional memberikan penilaian kepada Chelsea yang bakal menjadi salah satu tim pembuat kejutan bari pada Premier League musim ini.

Ia juga menyatakan jika Chelsea kini di bawah asuhan Maurizio Sarri bakalan menjadi lebih kuat lagi dan bakalan menunjukan performa terbaik tim.

Chelsea sebenarnya tak terlalu diperhitungkan musim ini. Bukan karena tak kuat, hanya saja dengan datangnya pelatih anyar, berarti Chelsea membutuhkan waktu untuk beradapatasi dan mewujudkan keinginan sang pelatih.

Proses adaptasi ini pada umumnya tak mudah, terlebih taktik Sarri berbeda jauh dari pelatih Chelsea sebelumnya, Antonio Conte. Terbukti di pekan-pekan awal musim ini Chelsea masih kesulitan.

Chelsea kini menerapkan sistem formasi 4-3-3 hampir di setiap pertandingan. Permainan Chelsea digerakkan oleh tiga gelandang mereka, komando Jorginho di lini tengah sangat penting. Namun Nevin merasa ada hal yang menarik dari peran Marcos Alonso. Setelah bermain dalam taktik 3-4-3, Alonso menerapkan sebagian peran taktik itu pada formasi 4-3-3.

“Hal yang menarik adalah peran Marcos Alonso yang terjadi, dia masih menjadi salah satu pemain tak terduga Chelsea. Bersama dengan perubahan Chelsea ke formasi 4-3-3, diperkirakan Alonso akan mengurangi insting menyerangnya,” jelas Nevin di express.

“Insting menyerangnya sangat jelas saat dia bermain sebagai wing-back selama beberapa tahun terakhir. Namun sepertinya tak ada yang memberi tahu dia harus berubah!”

“Melawan Newcastle dia mendapatkan penalti, dia menendang bola dari sisi kanan yang pada akhirnya menyentuh Yedlin dan menjadi gol kemenangan Chelsea, dia terus naik-turun membantu serangan dan bertahan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nevin pun yakin Alonso tak bisa dipandang sebelah mata dalam kemampuannya sebagai bek sayap ofensif. Di antara nama-nama seperti Benjamin Mendy dan Andrew Robertson, Alonso tetap salah satu yang terbaik.

“Tak ada keluhan dari saya soal itu (naik menyerang) karena saya adalah salah satu orang yang memuji kehebatan Benjamin Mendy di Man City dan Andrew Robertson di Liverpool, tetapi di masa keemasan bek kiri ofensif, Marcos Alonso seharusnya tak diabaikan karena dampak yang dia berikan pada pertandingan.”

“Meskipun Chelsea punya banyak pemain hebat melawan Newcastle dan Eden Hazard tampil brilian – khususnya di babak pertama saat masih segar – saya menilai Alonso sebagai pemain terbaik di stasiun radio tempat saya bekerja,” tandas Nevin.