Mengukur Kehebatan Lionel Messi di Santiago Bernabeu

Total sudah 18 kali Lionel Messi bermain di Santiago Bernabeu. Gol, assist, dan kemenangan dia raih di kandang Real Madrid itu. Seperti apa statistiknya?

Menurut data, dari 18 laga yang dijalani Messi bersama Barcelona di Santiago Bernabeu, total 14 gol berhasil dia lesakkan. Sementara jumlah assistnya 7. Itu artinya, jika dirata-rata maka Messi terlibat dalam proses terciptanya 1,1 gol setiap menjalani laga di Bernabeu.

Statistik lain yang dipunya Messi juga cukup oke. Dia punya rata-rata umpan sukses 88,6%. Total 9 kemenangan berhasil diraih, 3 laga lain berakhir imbang, dan 6 sisanya dengan kekalahan. Dengan statistik seperti itu, Santiago Bernabeu adalah stadion paling favorit bagi Messi mencetak gol. Stadion kedua tempat dia paling banyak membuat gol adalah Vicente Calderon (12), Riazor (10), serta Sanchez Pizjuan, Mestalla, dan Vallecas (masing-masing 8 gol).

Gol terakhir Messi ke gawang Real Madrid di Santiago Bernabeu adalah pada pertemuan kedua musim lalu. Messi mencetak gol di periode injury time untuk memberi The Catalans kemenangan 3-2, pada saat itu Messi mencetak 2 gol ke gawang Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Messi saat ini juga masih menjadi top scorer dengan 24 gol berhasil dimasukkan. Dia unggul atas Alfredo di Stefano (18) dan Cristiano Ronaldo (17).

Skor kacamata, 0-0, pada dasarnya lazim di sepakbola. Tapi jangan terlalu berharap skor itu lahir dalam laga Real Madrid dan Barcelona pada akhir pekan ini. Kenapa?

Bukan apa-apa, duel Real Madrid melawan Barcelona belakangan ini biasanya memang rutin menghadirkan gol-gol. Sepuluh laga terakhir di seluruh ajang saja mampu menghasilkan 37 gol. Skor 1-1 adalah jumlah gol paling sedikit dalam rentang ini. Bahkan kalau menghitung jumlah pertemuan Read Madrid dengan Barcelona di kompetisi La Liga saja jumlah golnya malah sedikit lebih banyak yaitu 38 gol dalam sepuluh Laga di La Liga.

Hal itu membuat pertandingan di markas Real Madrid Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12), sangat mungkin menghadirkan gol. Apalagi ada sosok seperti Cristiano Ronaldo di Real Madrid dan Lionel Messi di Barcelona, yang sepanjang tahun ini sama-sama sudah membuat 53 gol.

Ronaldo dan Messi pastinya akan berusaha menambah koleksi gol tersebut di laga terakhir mereka sebelum pergantian tahun, dalam persaingan menjadi yang tersubur di tahun kalender 2017. Fakta bahwa laga dilangsungkan di Santiago Bernabeu kian memperbesar kemungkinan laga takkan berakhir dengan skor kacamata, setidaknya jika menilik kecenderungan statistik sejauh ini.

FCBarcelona.com menyebutkan bahwa tidak pernah ada lagi skor 0-0 dalam laga di Santiago Bernabeu dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun. Laga terakhir itu terjadi adalah pada 12 April 1987.

Jadi, jangan terlalu berharap laga Real Madrid dan Barcelona akhir pekan ini berakhir dengan skor kacamata. Ada banyak faktor yang mengindikasikan pertandingan antara dua rival abadi ini takkan selesai tanpa gol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *