Meski Gagal, Timnas U-23 Di Nilai Bermain Dengan Baik

Meski Gagal, Timnas U-23 Di Nilai Bermain Dengan Baik – Meskipun gagal merebut gelar juara pertandingan cabang olahraga sepak bola di Asian Games 2018, gaya permaianan yang telah di tunjukan oleh para pemain Timnas Indonesia U-23 sempat mencuri perhatian para suporter dan penggila bola tanah air. Bukan hanya mereka saja, bahkan mantan asisten pelatih Timnas Indonesia pun juga ikut angkat bicara.

Fabio Oliveira angkat bicara soal penampilan Timnas Indonesia U-23 pada ajang Asian Games 2018. Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia ini menilai performa skuat Garuda Muda, julukan Timnas U-23, sudah sangat menjanjikan.

“Saya lihat, kita semua kecewa dengan hasil yang diraih Timnas Indonesia pada pertandingan ini. Namanya saja kita kalah,” ujar Fabio.

“Namun, jika dilihat keseluruhan, penampilan sudah bagus,” sambung pria yang kini menjadi bagian tim kepelatihan Persipura Jayapura tersebut.

Menurut Fabio, ada banyak peningkatan yang terlihat dari skuat Garuda Muda. Kondisi fisik, teknik, dan taktik pemain sudah sangat meningkat dibanding beberapa waktu lalu.

“Selain itu, kepercayaan diri pemain terlihat sudah meningkat,” tuturnya.

“Belakangan, kita lihat, pemain Timnas Indonesia berkurang, terutama melawan tim dengan pressing tinggi. Namun, saat ini, kita lihat built up mereka juga sudah bagus. Kendati kalah pun, kita kalah terhormat,” pelatih berusia 45 tahun ini menambahkan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 ‘hanya’ mampu melaju sampai babak 16 Besar Asian Games 2018. Pada fase ini, mereka dikalahkan Uni Emirat Arab melalui drama adu penalti, dengan skor 3-4.

Raihan ini di bawah target yang dipatok bagi Stefano Lilipaly dan kawan-kawan. Sebelumnya, mereka ditarget bisa menembus babak semifinal. Raihan Indonesia pada ajang ini sama dengan capaian mereka pada even yang sama 2014 lalu.

Kendati gagal meraih target, banyak pihak yang memuji permainan Garuda Muda kali ini. Terlebih lagi, Indonesia lolos ke 16 Besar dengan status sebagai jawara Grup A.

Lebih lanjut, Fabio menegaskan bahwa kendati tak mencapai target, penampilan tim tak mengecewakan. Pelatih asal Brasil tersebut menilai permainan Garuda Muda sudah berkembang.

“Tinggal bagaimana PSSI mengevaluasi dan membenahi apa yang kurang,” tandasnya