PEKERJAAN MOURINHO DI MU DI PERSULIT VAN GAAL

Salah satu legenda Manchester United, Gary Neville memberikan pembelaan kepada Jose Mourinho. Neville percaya bahwa Mourinho belum optimal di United karena kesalahan yang dibuat Louis van Gaal.

Semenjak Manchester United ditinggalkan Sir Alex Ferguson, Manchester United memang mengalami penurunan prestasi. Mereka belum memenangkan satupun gelar Liga Inggris semenjak tahun 2013 silam.

United sendiri sudah tiga kali mengalami pergantian manajer. Jose Mourinho yang saat ini menangani Untied merupakan manajer terbaik mereka sejauh ini, di mana ia berhasil membawa United finish sebagai runner up Liga Inggris musim lalu.

Namun Neville percaya bahwa minimnya prestasi di Era Mourinho bukan semata-mata salah sang pelatih seorang. “Klub ini sudah menghabiskan sekitar 700 juta pounds setelah Sir Alex Ferguson pensiun dan itu adalah jumlah yang besar,” ujar Neville kepada Sky Sports.

Dalam pandangan Neville, manuver transfer yang dilakukan Louis van Gaal saat ia menjadi manajer United cukup buruk sehingga imbasnya harus ditanggung Mourinho.

“Jika anda mengatakan kepada saya enam tahun lalu saat United menjadi juara Liga bahwa mereka akan menghabiskan 700 juta pounds dalam beberapa tahun setelahnya, maka saya akan bilang bahwa mereka akan memenangkan banyak gelar.”

“Namun kenyataannya tidak demikian. Anda harus ingat bahwa betul Jose Mourinho menghabiskan banyak uang, namun pembelian-pembelian Louis van Gaal begitu buruk sehingga Jose harus menendang sekitar 7-10 pemain dan mencari penggantinya.”

Neville juga menilai Mourinho saat ini mulai membangun fondasi yang bagus di United sehingga ia optimis sang pelatih bisa menghadirkan kesuksesan di Old Trafford. Melihat komposisi United yang sekarang terdiri dari banyaknya pemain kurang berpengalaman.

“Dia [Mourinho] baru berada di klub ini dua tahun, bukannya 15 tahun. Jadi bagi saya masih ada ruang baginya untuk berinvestasi pada tim ini dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di tiga atau empat tahun terakhir.”

“Saya sebenarnya sangat suka pembelian-pembelian yang dilakukan Jose Mourinho. Mereka semua memiliki profil yang sangat cocok untuk tim ini.”