Saham Arsenal jadi Milik Milyader Amerika

Pemegang saham Arsenal Alisher Usmanov mengatakan dia akan menerima tawaran saingan Stan Kroenke untuk membeli sisa saham Arsenal sebesar £ 550 juta dan mengambil kendali penuh klub.

Milyuner Amerika Kroenke memiliki 67% dari Arsenal melalui perusahaannya KSE dan mengumumkan pada hari Selasa dia telah membuat tawaran untuk membeli sisa saham. Usmanov telah mengkonfirmasi dia telah setuju untuk melepas 30% sahamnya di klub.

“Saya telah memutuskan untuk menjual saham saya di Arsenal, yang bisa menjadi klub sepakbola terbaik di dunia,” katanya.

Meskipun sahamnya, Usmanov bukan bagian dari dewan atau pengambilan keputusan di Arsenal.Pernyataan KSE ke London Stock Exchange mengatakan mengambil klub swasta akan membantu untuk lebih lanjut “strategi dan ambisi” Arsenal.

“Ambisi KSE untuk klub adalah untuk melihatnya bersaing secara konsisten untuk memenangkan Liga Premier dan Liga Champions, serta piala utama dalam permainan senior perempuan dan di tingkat pemuda,” tambahnya.

Arsenal memiliki manajer baru yang bertugas musim ini setelah Unai Emery mengambil alih dari Arsene Wenger, yang telah menjadi bos Gunners selama 22 tahun.

Di musim terakhir Wenger, Arsenal finis di urutan keenam di Liga Premier saat mereka absen di Liga Champions tetapi lolos ke babak grup Liga Europa.

Sementara Kroenke mengatakan mengambil kepemilikan tunggal akan menguntungkan klub, Arsenal Supporters ‘Trust (AST) menyebut berita “hari yang mengerikan” bagi The Gunners.

“Stan Kroenke mengambil klub swasta akan melihat akhir pendukung memiliki saham di Arsenal dan peran mereka menjunjung tinggi nilai-nilai kustodian,” kata pernyataan AST.

AST menambahkan bahwa dengan menjadi pemilik 100%, Kroenke akan dapat mengambil “tindakan yang merugikan” seperti membayar “biaya manajemen dan dividen tanpa cek atau saldo”.

Ia menambahkan: “AST juga sangat prihatin untuk dicatat bahwa pembelian ini didanai oleh pinjaman. “AST sepenuhnya menentang pengambilalihan ini yang menandai hari yang sangat menyedihkan bagi klub sepak bola Arsenal.”